Selasa, 29 September 2015

Tugas Kuliah dan Hal-hal Menyenangkan yang Terjadi Setelah Mengerjakannya


Medio 2014, saya tengah menjalani semester ketiga perkuliahan di Magister Sains Akuntansi, Undip. Salah satu mata kuliah yang saya ikuti adalah Riset Akuntansi Berbasis Pasar. Seperti banyak tugas akhir kuliah berjenis riset, kami diberi tugas membuat artikel jurnal pada akhir semester.

Jauh hari sebelum dosen memberikan tugas itu, saya sendiri sudah memikirkan satu bahan tulisan yang ingin saya tulis. Dalam proses memikirkannya, tidak kurang dari setengah tahun, saya mengumpulkan data-data dan membaca sebanyak mungkin referensi yang saya butuhkan. Dua hari menjelang tugas riset itu dikumpulkan, saya baru mulai menulisnya. Namun apa yang akan saya tulis, sudah memiliki bentuknya di kepala saya, tentu saja.

Selain berhasil mengantarkan saya melulusi mata kuliah Riset Akuntansi Berbasis Pasar dengan baik, artikel itu saya kirim untuk dipresentasikan di Bali berselang beberapa bulan setelahnya. Siapa menyangka, tulisan yang saya erami di kepala selama berbulan-bulan itu, yang meminjam cerpen sebagai alat analisis untuk penelitian akuntansi, akhirnya keluar sebagai salah satu best paper. Atas predikat best paper-nya, artikel itu kembali diberi kesempatan terbit oleh pelaksana kegiatan yang kebetulan bersinergi dengan salah satu penerbit jurnal akuntansi yang telah terakreditasi pada akhir 2013 lalu.

Sayangnya, setelah dikirimi pemberitahuan untuk proses edit, tiba-tiba saya sakit. Sekitar dua bulan lamanya, saya hanya berbaring di tempat tidur, dan memutuskan berhenti mengerjakan tulisan apa pun, termasuk thesis.

Berbekal gairah mahasiswa yang saya miliki waktu itu, saya kembali melanjutkan proses mengedit artikel yang telah direviu tersebut setelah merasa sudah dapat beraktivitas kembali. Saya mengerjakannya di sela-sela menulis thesis. Dan akhirnya, jurnal tersebut menemui takdirnya dengan terbit di Jurnal Akuntansi Multiparadigma ,volume 6, nomor 2, 2015.


Atas semua proses yang saya lewati, pengetahuan yang saya peroleh selama proses mengerjakannya, dan apa yang saya perjuangkan dalam artikel tersebut, saya hanya bisa berucap alhamdulillah, alhamdulillah, dan alhamdulillah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar